Pages

Selasa, 02 Juli 2013

Peranan Manusia serta Ilmu yang Berhubungan dengan Interaksi Manusia Komputer


Berikut ini merupakan tugas pertama mata kuliah interaksi manusia komputer yang saya dapatkan :)

1. Bagaimana peran manusia di dalam Interaksi Manusia Komputer?

Peran manusia di dalam Interaksi Manusia Komputer diantaranya:
1. Membuat agar teknologi komputer lebih berguna, bermanfaat, dan aman bagi manusia.
2. Mendesain agar sistem komputer kedepannya lebih akrab dan ramah bagi penggunanya (user friendly) , kriteria user friendly diantaranya , mudah digunakan oleh pengguna komputer yang masih awam dengan komputer ataupun yang baru belajar komputer , memiliki tampilan yang bagus, mudah dipelajari, pengguna selalu merasa nyaman saat menggunakan software tersebut. 
3. Sebagai pemakai komputer user diharapkan mengikuti prosedur yang telah diberikan agar tidak mengalami cedera disaat menggunakan komputer. Seperti memperhatikan posisi duduk saat berhadapan dengan komputer agar nyaman saat berada di depan komputer , memperhatikan jarak pandang antara mata dengan layar komputer agar mata tidak cepat lelah, memperhatikan posisi tangan saat memegang mouse agar tangan tidak cepat lelah dan lain-lain.

Sumber : http://www.slideshare.net/clarazura/tugas-imk

2. Ilmu-ilmu apa saja yang berhubungan dengan Interaksi Manusia Komputer?

Ilmu-ilmu yang berhubungan dengan Interaksi Manusia Komputer diantaranya:

1. Antropologi
Antropologi adalah salah satu cabang ilmu social yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Antropologi lahir atau muncul berawal dari ketertarikan orang-orang eropa yang melihat cirri-ciri fisik, adat istiadat, budaya yang berbeda dari apa yang dikenal di eropa. Didalam interaksi manusia komputer antropologi membahas tentang interaksi antara kerja, dan organisasi. Seperti diketahui, interaksi sangat dipengaruhi oleh teknologi yang digunakan (misalnya dalam sebuah perusahaan). Di lain sisi antropologi juga memberikan pandangan mendalam tentang cara kerja berkelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai dengan bidang masing-masing.

2. Linguistik
Komunikasi manusia-komputer secara definisi melibatkan penggunaan dari berbagai jenis bahasa, apakah bahasa itu merupakan bahasa natural yaitu suatu bahasa berbasis perintah tunggal, berbasis menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa grafis. Ilmu bahasa adalah pelajaran mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa teori formal menimpa formalitas ilmu komputer, dan digunakan secara luas dalam spesifikasi formal dari dialog-dialog manusia-komputer.

3. Sosiologi
Sosiologi dikenal sebagai ilmu pengetahuan tentang masyarakat. Sosiologi dalam konteks Interaksi Manusia Komputer dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem manusia-komputer pada struktur lingkungannya.

4. Teknik Elektronika
Ilmu ini menyediaka teknologi kerangka kerja untuk desain sistem pakar manusia komputer. Karena berbicara mengenai komputer, khususnya dari sisi perangkat keras tidak terlepas dari pembicaraan mengenai Teknik Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, juga harus mengerti perangkat lunak berkaitan dengan sistem aplikasi yang akan dikembangkan. Bidang teknik elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu sistem interaksi manusia komputer.

5. Ergonomi
Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan didukung ssuatu fakta data antropomentrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan ketik komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari alat-alat antarmuka antara manusia dan mesin.

6. Psikologi
Psikologi merupakan perilaku dan kognitif yang dikonsentrasikan dengan pemahaman perilaku manusia, persepsi, proses kognitif ,keahlian mengontrol motorik, dan mengajukan model proses tersebut yang dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat ke dalam metode pencocokan mesin terhadap pengguna manusia. Di dalam interaksi manusia komputer psikologi yang dibahas adalah tentang penerapan proses teori proses kognitif dan analisis empiris tentang prilaku pengguna. Setiap pengguna mempunyai sifat yang berbeda satu dengan yang lainnya sehingga perancang sistem interaksi manusia-komputer juga harus mempelajari aspek psikologi pengguna untuk dapat memahami bagaimna apengguna dapat menggunakan sifat dan kebiasaan baiknya, menggunakan persepsi dan pengolahankognitif serta ketrampilan motorik yang dimiikinya agar dapat menjodohkan mesin dengan manusia untuk mendapatkan kerja sama yang serasi. Psikologi eksperimental menyediakan dasar teknik evaluasi formal untuk mengukur unjuk kerja dan opini terhadap sistem manusia-komputer.  

7. Perancangan Grafis
Perancangan grafis disini berfungsi sebagai memberi dasar dalam mendesain interface, karena keahlian merancang ggrafik menjadi salah satu kunci penting untuk menunjang keberhasilan sistem manusia-komputer, karena antar muka yang disusun dapat menjadi lebih luwes.

8. Tipografi
Tipografi  merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dalam pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

9. Artificial Intelegence
Artificial Intelegence memberi pengetahuan dan metode dalam pengembangan sistem pakar yang dilengkapi interface cerdas.

10. Ilmu komputer
Ilmu komputer disini membahas tentangperancangan aplikasi dan rekayasa atau perancangan antarmuka untuk dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. Dalam hal ini menyangkut pemilihan program bantu pendukung, bahasa pemrograman, teknik pemrograman serta bidang ilmu komputer lain seperti pengolahan bahasa alami, struktur data, basis data, dan lain-lain.

11. Perancangan Industri 
Ilmu ini membahas tentnag produk-produk interaktif. Dengan semakin berkembangnya teknologi layar tampilan, penggunaan layar sentuh menjadi semakin populer. Penggunaan layar sentuh, beserta teknologi dibelakangnya telah menjadi bahan kajian yang menarik.

Lebih lanjut , dari sudut pandang ilmu komputer, disiplin ilmu yang disebutkan diatas dapat menjadi semacam pendukung interaksi manusia komputer, seperti halnya fisika menjadi pendukung disiplin teknik sipil, atau teknik mesin yang menjadi pendukung robotika. Pelajaran yang dapat dipetik dari disiplin keteknikan adalah bahwa perancangan selalu mempunyai konteks dan optimisasi yang terlalu sempit dari satu bagian dalam perancangan tersebbut akan dianggap tidak sah pada konteks yang lebih luas. Dengan demikian, dari sudut pandang ilmu komputer secara langsung, adalah perlu untuk membahas interaksi mausia komputer secara luas untuk memberikan bekal kepada kita yang ingin mempelajari komputer lebih jauh agar terhindar dari kelemahan klasik yang memisahkan antara rancangan dengan konteks

Sumber : 
http://gitavebrina.blogspot.com/2012/09/ilmu-yang-berhubungan-dengan-imk.html
Santosa Insap , interaksi manusia dan komputer edisi 2.


3. Apa saja dampak positif dan negatif dari Interaksi Manusia Komputer?

Setiap kegiatan yang dilakukan oleh manusia pastilah memiliki dampak, baik itu dampak yang bersifat positif bagi manusia itu, maupun dampak yang kurang baik atau dampak negative yang dapat merusak. Begitupula pada interaksi manusia komputer, berikut merupakan beberapa dampak positif dan negative dari interaksi manusia komputer :

Dampak positif dari interaksi manusia komputer diantaranya:

1. Membantu serta memudahkan pekerjaan manusia dalam kehidupan sehari-hari, seperti Menghemat waktu untuk mengerjakan pekerjaan penghitungan yang rumit seperti membuat laporan perusahaan

2. Menghemat tenaga, karena manusia dapat memerintahkan komputer untuk melakukan tugas yang berulang seperti menginput transaksi pembelian maupun penjualan, tanpa menulis hal-hal yang berulang dari setia transaksi yang dilakukan.  

3. Memudahkan manusia dalam memperoleh informasi yang ada di internet sehingga bisa mengetahui apa yang terjadi di sekitarnya dengan lebih cepat dan aktual.

Dampak negatif dari interaksi manusia komputer diantaranya:

1. Manusia semakin jarang berinteraksi dengan sesamanya karena terlalu sibuk dengan komputer yang menyebabkan terjadinya anti sosial.

2. Karena adanya teknologi canggih yang disediakan oleh komputer untuk memudahkan pekerjaan, manusia menjadi malas untuk melakukan pekerjaan secara manual dan sering bergantung pada komputer

3. Dapat menyebabkan cedera pada bagian tubuh tertentu karena menggunakan komputer tidak sesuai prosedur yang telah ditentukan.

4. Seseorang akan menunda waktunya untuk melakukan aktifitas lainnya jika sudah merasa asyik dengan aktifitasnya dengan komputer terlebih lagi dengan akses internet yang cepat.

Sumber: http://xa.yimg.com/kq/groups/34141589/809920987/name/Interaksi+Manusia+dan+Komputer+(1).pptx 


1 komentar: