1. Command Line Interface
Command line interface atau dalam
bahasa indonesianya disebut antarmuka baris perintah merupakan
mekanismeinteraksi ddengan sistem operasi atau perangkat lunak komputer dengan
mengetikkan perintah untuk menjalankan tugas tertentu. Antarmuka hanya-teks ini
merupakan kontras dari piranti penggunaan piranti penunjuk untuk mengeklik
pilihan pada antarmuka pengguna grafis, atau pengguanaan menu untuk memilih
pilihan pada antarmuka pengguna teks, konsep CLI dimulai pada saat teletypewriter
machine dihubungkan ke komputer pada dasawarsa 1950-an dan terus berkembang
bersama dengan sistem GUI seperti Microsoft windows, Mac OS, dan X window
sistem .Kelebihannya adlah perintah diketikkan langsung pada sistem, bisa
diterapkan pada terminal yang murah, kombinasi perintah dapat dilakukan.
Misalnya copy file dan rename nama file.
Sedangkan kekurangannya adalah perintah harus dipelajari dan diingat
cara penggunaannya, tidak cocok untuk user biasa. Kesalahan pakai perintah
sering terjadi. Perlu ada sistem pemulihan kesalahan. Disini juga diperlukan
kemampuan mengetik. Dibawah ini merupakan contoh gambar dari Command line
interface
Sumber
: http://raqheelcaze.wordpress.com/2011/04/
2.Menu
Menu merupakan daftar
perintah-perintah suatu perangkat lunak (program) yang apabila dieksekusi akan
menjalankan suatu perintah tertentu dari aplikasi. Menus digunakan sebagai
alternative dan antarmuka baris perintah. Pilihan yang diberikan oleh menu
dapat dipilih dengan menggunakan antarmuka pengguna.Kelebihan dari menu adalah
user tidak perlu mengingat nama perintah, pengetikan minimal, kesalahan
renadah. Sedangkan kekurangannya adalah tidak adanya logika AND atau OR , perlu
adanya struktur menu jika banyak pilihan. Menu dianggap lambat oleh user yang
sudah berpengalaman dibandingkan dengan command language. Dibawah ini merupakan
contoh gambar dari menu di windows 7.
Sumber
: http://id.wikipedia.org/wiki/Menu_(komputasi)
3.Natural Languange
Natural language atau dalam bahasa
Indonesia nya berarti bahasa alam merupakan cabang ilmu komputer dan linguistic
yang mengkaji interaksi antara komputer dengan bahasa alami manusia. Natural
language sering dianggap sebagai cabang dari kecerdasan buatan dan bidang
kajiannya bersinggungan dengan linguistic komputasional. Kajian natural
language antara lain mencangkup segmentasi tuturan, segmentasi teks, penandaan
kelas kata, serta pengawataksaan makna. Meskipun kajiannya dapat mencakup teks
dan tuturan, pemrosesan tuturan telah berkembang menjadi suatu bidang kajian
terpisah. Kelebihan dari natura language adalah pengguna memberikan
instruksi-instruksi dalam bahasa alami yang lebih umum sifatnya . Pemberian
perintah dengan menggunakan pengenalan tutur atau pengetikan bahasa alami lewat
keyboard. Sedangkan kekurangannya adalah natural language tersebut memiliki
lebih dari satu arti, sulit dalam perancangannya dan tidak efisien. Berikut ini merupakan contoh gambar dari natural
language yang ada di C++.
Sumber
: http://id.wikipedia.org/wiki/Pemrosesan_bahasa_alami
4.Question/ answer
Question/answer
merupakan mekanisme sedarhana untuk in out pada beberapa aplikasi, dimana user
diberikan serangkaian pertanyaan dimana jawabannya berupa ya dan tidak ,
pilihan ganda atau dalam bentuk kode, dan dibimbing tahap demi tahap hingga
proses interaksi selesai. Kekurangan dari Interface question/ answer ini
terbatas fungsinya sedangkan kelebihannya adalah mudah untuk dipelajari.
Dibawah ini merupakan contoh gambar dari question and answer
Sumber
: http://raqheelcaze.wordpress.com/2011/04/
5.Form filling and spreadsheets
Form
filling and spreadsheets merupakan interaksi manusia komputer yang dilakuka
dengan cara mengisi area-area yang telah ditentukan pada form yang telah
disediakan. Kelebian dari form filling adalah masukan data yang sederhana dan
mudah dipelajari. Sedangkan kekurangannya adalah memerlukan banyak tempat di
layar monitor dan harus menyesuaikan dengan form manusal dan kebiasaan user.
Gambar berikut ini merupakan contoh form fills pada saat kita akan membuat akun
baru di gmail.
Sumber
: http://raqheelcaze.wordpress.com/2011/04/
6. WIMP
WIMP merupakan ragam default dari sebagian besar aplikasi sistem komputer saat ini, WIMP merupakan ragam interaksi yang berbasis pada :
- Window
Window merupakan area pada layar monitor yang mempunyai sifat seperti terminal yang independen. Dapat terdiri dari teks atau grafis. Dapat saling overlap dan menutupi yang lain, atau tersusun seperti keramik lantai. Mempunyaifasilitas scrollbars yang memungkinkan pengguna untuk menggerakkan isi window ke atas atau bawah atau menyamping. Mempunyau title bars yang menunjuk nama windows. Berikut merupakan contoh gambarnya. Keuntungannya adalah memudahkan user pengguna untuk membuka lebih dari 1 windows, kekurangannya adalah membingungkan user jika membuka terlalu banyak window.
- Icon
Icon merupakan gambar berukuran kecil yang mewakili suatu objek dalam antarmuka, dapat merupakan suatu lambing dari sebuah aplikasi atau tindakan. Icon juga dapat merupakan bentuk window yang dapat ditutup menjadi semacam representassi kecil, sehingga dapat memuat atau mengaktifkan banyak window. Icon dapat bervariasi, mulai dari symbol yang abstarak samapai gambaran realitas. Keuntungannya memudahkan kita untuk mengetahui aplikasi apa yang ada karena beberapa aplikasi memeliki icon yang sama. Kekurangannya adalah beberapa aplikasi memiliki icon yang sama sehingga membingungkan pengguna.
- Menu
Menu merupakan pilihan yang disediakan di layar. Pemilihan menu dilakukan dengan menggunakan pointer. Kelemahan dari menu dapat memakan ruang layar, maka dari itu sebaiknya menu hanya muncul saat dibutuhkan. Kelebihannya memudahkan pengguna untuk melakukan aktivitas yang ingin dilakukan.
- Pointers interface
Pointer merupakan komponen penting. Ragam WIMP bertumpu pada proses penunjukkan dan pemilihan sesuatu. Proses penunjukkan ini biasanya dilakukan dengan menggunakan mouse. Selain itu juga dapat menggunakan joystick, trackball, atau tombol panah pada keyboard. Kelebihannya adalah kita dapat mimilih sesuatu dengan mudah menggunakan pointer ini, kekurangannya adalah ada beberapa poniter yang desainnya kurang baik, sehingga menyilitkan pengguna yang memakainya.
Sumber : http://raqheelcaze.wordpress.com/2011/04/
7. Point and click
Point
and click merupakan suatu interaksi dimana kita mengarahkan pointer yang ada di
layar monitor kita kearah yang kita inginkan lalu menekan salah satu tombol
yang ada di mouse kita, baik itu menekan tombol kanan maupun tombol kiri,
Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Point_and_click
Untuk gambarnya kalian bisa cari buat sendiri atau cari diinternet ya :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar