Pages

Selasa, 02 Juli 2013

Command Line Interface, Menu, Natural Language, and etc



1. Command Line Interface
            
Command line interface atau dalam bahasa indonesianya disebut antarmuka baris perintah merupakan mekanismeinteraksi ddengan sistem operasi atau perangkat lunak komputer dengan mengetikkan perintah untuk menjalankan tugas tertentu. Antarmuka hanya-teks ini merupakan kontras dari piranti penggunaan piranti penunjuk untuk mengeklik pilihan pada antarmuka pengguna grafis, atau pengguanaan menu untuk memilih pilihan pada antarmuka pengguna teks, konsep CLI dimulai pada saat teletypewriter machine dihubungkan ke komputer pada dasawarsa 1950-an dan terus berkembang bersama dengan sistem GUI seperti Microsoft windows, Mac OS, dan X window sistem .Kelebihannya adlah perintah diketikkan langsung pada sistem, bisa diterapkan pada terminal yang murah, kombinasi perintah dapat dilakukan. Misalnya copy file dan rename nama file.  Sedangkan kekurangannya adalah perintah harus dipelajari dan diingat cara penggunaannya, tidak cocok untuk user biasa. Kesalahan pakai perintah sering terjadi. Perlu ada sistem pemulihan kesalahan. Disini juga diperlukan kemampuan mengetik. Dibawah ini merupakan contoh gambar dari Command line interface


Sumber : http://raqheelcaze.wordpress.com/2011/04/

2.Menu     
Menu merupakan daftar perintah-perintah suatu perangkat lunak (program) yang apabila dieksekusi akan menjalankan suatu perintah tertentu dari aplikasi. Menus digunakan sebagai alternative dan antarmuka baris perintah. Pilihan yang diberikan oleh menu dapat dipilih dengan menggunakan antarmuka pengguna.Kelebihan dari menu adalah user tidak perlu mengingat nama perintah, pengetikan minimal, kesalahan renadah. Sedangkan kekurangannya adalah tidak adanya logika AND atau OR , perlu adanya struktur menu jika banyak pilihan. Menu dianggap lambat oleh user yang sudah berpengalaman dibandingkan dengan command language. Dibawah ini merupakan contoh gambar dari menu di windows 7.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Menu_(komputasi)

3.Natural Languange
Natural language atau dalam bahasa Indonesia nya berarti bahasa alam merupakan cabang ilmu komputer dan linguistic yang mengkaji interaksi antara komputer dengan bahasa alami manusia. Natural language sering dianggap sebagai cabang dari kecerdasan buatan dan bidang kajiannya bersinggungan dengan linguistic komputasional. Kajian natural language antara lain mencangkup segmentasi tuturan, segmentasi teks, penandaan kelas kata, serta pengawataksaan makna. Meskipun kajiannya dapat mencakup teks dan tuturan, pemrosesan tuturan telah berkembang menjadi suatu bidang kajian terpisah. Kelebihan dari natura language adalah pengguna memberikan instruksi-instruksi dalam bahasa alami yang lebih umum sifatnya . Pemberian perintah dengan menggunakan pengenalan tutur atau pengetikan bahasa alami lewat keyboard. Sedangkan kekurangannya adalah natural language tersebut memiliki lebih dari satu arti, sulit dalam perancangannya dan tidak efisien. Berikut  ini merupakan contoh gambar dari natural language yang ada di C++.
Sumber :  http://id.wikipedia.org/wiki/Pemrosesan_bahasa_alami

4.Question/ answer
Question/answer merupakan mekanisme sedarhana untuk in out pada beberapa aplikasi, dimana user diberikan serangkaian pertanyaan dimana jawabannya berupa ya dan tidak , pilihan ganda atau dalam bentuk kode, dan dibimbing tahap demi tahap hingga proses interaksi selesai. Kekurangan dari Interface question/ answer ini terbatas fungsinya sedangkan kelebihannya adalah mudah untuk dipelajari. Dibawah ini merupakan contoh gambar dari question and answer
 
Sumber : http://raqheelcaze.wordpress.com/2011/04/

5.Form filling and spreadsheets
Form filling and spreadsheets merupakan interaksi manusia komputer yang dilakuka dengan cara mengisi area-area yang telah ditentukan pada form yang telah disediakan. Kelebian dari form filling adalah masukan data yang sederhana dan mudah dipelajari. Sedangkan kekurangannya adalah memerlukan banyak tempat di layar monitor dan harus menyesuaikan dengan form manusal dan kebiasaan user. Gambar berikut ini merupakan contoh form fills pada saat kita akan membuat akun baru di gmail.
Sumber : http://raqheelcaze.wordpress.com/2011/04/

6. WIMP
WIMP merupakan ragam default dari sebagian besar aplikasi sistem komputer saat ini, WIMP merupakan ragam interaksi yang berbasis pada :

- Window
Window merupakan area pada layar monitor yang mempunyai sifat seperti terminal yang independen. Dapat terdiri dari teks atau grafis. Dapat saling overlap dan menutupi yang lain, atau tersusun seperti keramik lantai. Mempunyaifasilitas scrollbars yang memungkinkan pengguna untuk menggerakkan isi window ke atas atau bawah atau menyamping. Mempunyau title bars yang menunjuk nama windows. Berikut merupakan contoh gambarnya. Keuntungannya adalah memudahkan user pengguna untuk membuka lebih dari 1 windows, kekurangannya adalah membingungkan user jika membuka terlalu banyak window.

- Icon
Icon merupakan gambar berukuran kecil yang mewakili suatu objek dalam antarmuka, dapat merupakan suatu lambing dari sebuah aplikasi atau tindakan. Icon juga dapat merupakan bentuk window yang dapat ditutup menjadi semacam representassi kecil, sehingga dapat memuat atau mengaktifkan banyak window. Icon dapat bervariasi, mulai dari symbol yang abstarak samapai gambaran realitas. Keuntungannya memudahkan kita untuk mengetahui aplikasi apa yang ada karena beberapa aplikasi memeliki icon yang sama. Kekurangannya adalah beberapa aplikasi memiliki icon yang sama sehingga membingungkan pengguna.

- Menu
Menu merupakan pilihan yang disediakan di layar. Pemilihan menu dilakukan dengan menggunakan pointer. Kelemahan dari menu dapat memakan ruang layar, maka dari itu sebaiknya menu hanya muncul saat dibutuhkan. Kelebihannya memudahkan pengguna untuk melakukan aktivitas yang ingin dilakukan.

- Pointers interface
Pointer merupakan komponen penting. Ragam WIMP bertumpu pada proses penunjukkan dan pemilihan sesuatu. Proses penunjukkan ini biasanya dilakukan dengan menggunakan mouse. Selain itu juga dapat menggunakan joystick, trackball, atau tombol panah pada keyboard. Kelebihannya adalah kita dapat mimilih sesuatu dengan mudah menggunakan pointer ini, kekurangannya adalah ada beberapa poniter yang desainnya kurang baik, sehingga menyilitkan pengguna yang memakainya.

Sumber : http://raqheelcaze.wordpress.com/2011/04/

            
7. Point and click
Point and click merupakan suatu interaksi dimana kita mengarahkan pointer yang ada di layar monitor kita kearah yang kita inginkan lalu menekan salah satu tombol yang ada di mouse kita, baik itu menekan tombol kanan maupun tombol kiri,


Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Point_and_click

Untuk gambarnya kalian bisa cari buat sendiri atau cari diinternet ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar