Pages

Sabtu, 11 April 2015

Contoh Soal UAS Aplikasi Media Sosial Teknologi Informasi Universitas Udayana

Kompentensi Dasar 1 : Komunitas dan Teknologi Komunikasi
Soal : Jelaskan apa yang dimaksud dengan komunitas social serta contoh komunitas sosial yang anda ketahui !
Jawab:
1.     Pengertian Komunitas Sosial
Komunitas sosial merupakan sebuah organisasi yang memiliki tujuan, kepentingan, kebutuhan, visi, dan misi yang sama , contohnya komunitas pelajar dimana semua anggotanya merupakan pelajar yang mempunyai suatu tujuan tertentu, baik bertukar informasi, atau hanya sekedar bersosialisasi
2.     Contoh-contoh komunitas yang ada
Saya akan memberikan contoh komunitas yang saya ketahui, yaitu HMTI. HMTI kepanjangan dari Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi, dimana semua anggotanya berasal dari Jurusan Teknologi Informasi Universitas Udayana. Komunitas ini dibentuk untuk mempererat hubungan antar mahasiswa di dalam jurusan.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Komunitas


Kompensi Dasar 2 : Komunitas Virtual (1)
Soal :
-Apa yang dimaksud dengan komunitas virtual serta berikan contoh komunitas virtual yang ada !
Apakah perbedaan antara blog dengan wikipedia?
Jawab:
1.     Metode Pengertian Komunitas Virtual
Komunitas Virtual adalah sebuah komunitas yg terbentuk dan tergabung dari berbagai element yang biasanya memiliki hobby yang sama dan menyalurkan semua yang berkaitan dengan  hobbinya tersebut melalui sebuah dunia maya yaitu Virtual.
2.     Contoh-contoh Komunitas Virtual
Contoh komunitas virtual adalah facebook. Situs jejaring social ini diluncurkan pada februari 2004 di bawah naungan Facebook Inc. social media yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini berhasil meraup lebih 600 juta pengguna altif pada januari 2011. Facebook sendiri memungkinkan penggunanya untuk membuat profil pribadi, memasukkan pengguna lainnya sebagai teman, dan bertukar pesan, catatan, foto dan video. Contoh lainnya adalah skype. Skype merupakan layanan yang membuat pengguna bisa melakukan panggilan suara dan video serta ngobrol melalui internet. Hebatnya layanan yang disediakan oleh skype adalah gratis. Skype sendiri didirikan pada 2003 oleh Niklas Zennstrom dari swedia dan Janus Friis dari Denmark.

3.     Blog dan Wiki
            Blog merupakan singkatan dari web log. Blog adalah aplikasi web yang mempunyai tulisan-tulisan yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman umum web. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari di pengguna blog tersebut
            Wiki atau Wikipedia merupakan salah satu mesin pencari atau search engine. Wikipedia tersedia dalam bahasa Indonesia yang dibangun oleh para sukarelawan serta disediakan secara gratis bagi individu-individu yang memerlukan info tentang sesuatu yang individu tersebut perlukan.
            Perbedaan antara blog dan wikipedia adalah apabila wikipedia merupakan search engine sedangkan blog merupakan media tempat berbagi informasi dengan topik tertentu
Sumber :
Pemahaman sendiri
KD3 : Komunitas Virtual (2)
Soal : Jika anda memiliki blog jelaskan apa saja isi blog anda.
Jika anda tidak memiliki blog jelaskan langkah-langkah membuat blog secara singkat menurut anda!
1Penjelasan blogging
Blogging merupakan kegiatan mengedit, memposting, ataupun menambahkan widget ke dalam blog yang kita miliki. Tujuan dari memposting itu adalah agar blog yang kita miliki tidak kosong, postingan dapat berupa tulisan mengenai diri kita sendiri ataupun info-info menarik yang ingin kita bagikan kepada masyarakat luas. Sedangkan tujuan dari menambahkan widget adalah agar memperindah blog yang kita miliki.
2.     Praktek Blogging
            Berikut ini merupakan langkah-langkah membuat blog di blogger.com
1.      Membuat email di  gmail.com
Langkah pertama kita untuk membuat blog adalah kita wajib untuk memiliki akum gmail sebagai email yang digunakan untuk daftar di blogger.com.

Cara membuat email di gmail
Pertama daftar gmail gratis di www.gmail.com lalu klik create an account atau buat akun.

selanjutnya isi data di akun gmail yang akan dibuat seperti nama, tempat tanggal lahir, password, dan lain-lain.

Biasanya dalam membuat email di gmail kita perlu melakukan verifikasi yang dilakukan lewat nomor handphone, jadi usahakan masukkan nomor handphone yang bisa dikirimkan sms oleh google untuk verifikasi.

2.      Daftar di blogger.com
Setelah kita memiliki email di gmail sekarang saatnya daftar di www.blogger.com

Buka www.blogger.com lalu klik bagian kanan atas yang bertuliskan sign up atau daftar.
Masukkan email yang sudah dibuat di step 1 tadi beserta emailnya lalu klik masuk
3.      Membuat blog.
Proses nomer 2 merupakan proses membuat akun blogger, sekarang saatnya membuat blognya. Di akun blogger klik”blog baru” untuk membuat blog.

Lalu akan muncul halaman untuk memilih judul dan alamat blog. Judul blog pada dasarnya dapat kita isi secara bebas. Judul blog mencerminkan topiik utama dari blog kita. Bila kita ingin membuat blog tentang kesehatan, pilihlah judul yang berhubungan dengan kesehatan. Untuk alamat blog, kita perlu memeriksanya terlebih dahulu apakah alamat yang kita ketikkan tersedia atau tidak dengan cara menekan link cek ketersediaan. Pada tahap ini kita juga dapat menentukan template awal pada blog kita. Kita dapat memilih template bebas sesuai selera kita, dan dapat menggantinya kapan saja.
Kita dapat menekan tombol  “buat blog” yang tersedia di kanan bawah bila sudah cukup puas dengan judul, alamat dan template awal.

4.      Blog yang kita buat sudah jadi.
Akhirnyablog yang kita buat sudah selesai, namun masih kosong dan belum ada isinya. Selanjutnya adalah cara mengisi blog kita dengan postingan maupun widget yang kita inginkan, caranya adalah dengan cara mengklik buat entri baru

Lalu kita bisa memberikan judul yang sesuai dengan apa yang mau kita poskan, selanjutnya kita bisa menetikkan apa yang mau kita pos di blog kita di kolom yang sudah disediakan, jika sudah selesai kita bisa mengklik tombol publikasikan untuk mempublikasikan postingan kita ke blog kita






6 komentar:

  1. makasih min udah di kasih kisi2 nya hehe

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Rancang bangun aplikasi how to not noob, menggunakan algoritma noob boleh feed jangan

      Hapus
  3. Ayo Raih Kemenangan Disini.. Bermain Promo Freechip Tanpa Deposit... Join Disini Sekarang Kumpulan Berbagai Macam Permainan Taruhan Online Terbaik, Kunjungi Website Kami Di Klik Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda dan Bonus Berlimpah.

    BalasHapus